Jumat, 19 Maret 2010

Install Quran for Word


Beberapa waktu yang lalu telah diperkenalkan program Plugins Quran for Word yang sangat membantu kita dalam menulis ayat-ayat Al-Quran dalam microsoft word. Program yang sangat memudahkan kita dalam penulisan ayat Al-Quran ini dibuat oleh saudara kita Mohamad Taufiq sebagaimana tertulis di website-nya www.myalquran.org. Program yang tidak hanya menghadirkan ayat-ayat Al-Quran ini juga menghadirkan terjemah, tidak hanya terjemah dalam bahasa Indonesia namun juga bahasa Inggris, Melayu dan beberapa bahasa asing lainnya.

Kali ini kita akan belajar bagaimana instalasi program yang mendatangkan banyak manfaat ini. Instalasi Program Plugins Quran for Word ini mudah seperti program-program lainnya. Selain mudah dalam instalasi, Program Plugins Quran for Word ini juga memberikan kemudahan dalam penambahan bahasa meskipun program sudah terinstal di komputer kita.

Mau tahu gimana mudahnya instalasi Plugins Quran for Word?? Lanjuuuuttt....
1. Downlaod software terlebih dahulu disini. Software ini include didalamnya terjemah bahasa Indonesia.

2. Ekstrak file dan Anda akan menemukan file SetupQuranInWordInd.exe. Ini adalah software program Plugins Quran for Word (lihat gambar dibawah). Double klik file tersebut. (klik gambar untuk memperbesar)


3. Maka muncul wizard install plugin Quran in Word. Klik Next untuk meneruskan istalasi.



4. Kemudian muncul jendela Informasi yang menandakan bahwa software ini gratis dan boleh disebarkan kepada orang lain. Tetapi kita dilarang untuk menghalangi orang lain untuk memanfaatkan program tersebut. Klik Next untuk meneruskan instalasi.



5. Setelah itu muncul halaman lokasi dimana kita disuruh untuk meletakkan file instalasi di komputer kita. Letak asalnya di C:Program Files. Jikan kita memindahkan di tempat lain, klik Browse dan tentukan letaknya. Namun jika tidak ingin memindahkan lokasinya klik Next.


6. Settingan sudah selesai. Jika masih ingin ubah instalasi klik Back dan jika tidak ingin mengubah lagi klik Istall untu memulai instalasi program.


7. Proses install sudah selesai dan diberitahukan bahwa akan ada Menu baru di Ms. Word kita disebelah kanan Menu Help. Namun jika tidak muncul maka kita harus me-restart komputer kita dan memeriksa kembali.


8. Klik Finish. Instalasi sudah selesai.


Silahkan di cek di Ms Word 2003 jika disebelah kanan Menu Help ada Menu baru yaitu Menu Al-Quran maka instalasi berhasil. seperti gambar dibawah ini.




Adapun di Ms Word 2007 letak Menu Add Ins yang terdapat di bagian paling kanan seperti gambar dibawah.


Mudahkan instalasinya?? 
Buktikan sendiri!!


Informasi lainnya :
PMDK 2010 di nasehatguruku.blogspot.com
Menulis Quran di Word
Cara Menulis Quran di Word
http://nasehatguruku.blogspot.com/2010/03/negeriadscom-solusi-berpromosi.html

2 komentar: